Wednesday, December 18, 2019

Lure Jitu Casting Toman



Ikan toman merupakan predator air tawar yang masih kerabat dekat ikan gabus. Spesies yang bernama latin Channa micropeltes ini juga dikenal dengan nama giant snakehead. Memiliki ukuran dewasa rata-rata 2 kiloan ke atas bahkan ada yang mencapai berat puluhan kilo. Karakter ganas dengan tenaga yang kuat membuat predator ini menjadi target utama kebanyakan angler.
umpan buzzbait
Buzzbait merupakan lure topwater yang memiliki karakter berisik. Suara berisik yang dihasilkan oleh plat yang berputar (propeler) di bagian depan lure, dapat dengan mudah menarik perhatian ikan predator untuk keluar dari sarangnya. Beragam bentuk buzzbait telah beredar di pasaran. Di Amerika sendiri buzzbait dikategorikan ke dalam tiga jenis yaitu single proppeler, double proppeler dan single/double proppeler with clacker. Sedangkan di Asia, lebih beragam lagi sperti slash buzz, buzzfrog, dan lainnya. terkadang banyaknya pilihan ini membuat bingung kita para angler dalam memilih jenis seperti apa yang harus digunakan. Untuk itu, spotmancing.com berhasil mendapatkan tips jitu penggunaan umpan buzzbait dalam memancing toman dari 2 orang angler yang mahir menggunakan umpan jenis ini.
umpan spinnerbait

spinnerbait adalah salah satu umpan yang mendapatkan nama mereka dari satu  pisau logam berbentuk oval cembung sehingga berputar seperti baling-baling saat berada di dalam air, menciptakan berbagai cahaya dan getaran yang menyerupai ikan kecil. Dua jenis spinnerbaits yang paling populer adalah spinnerbaits "in-line spinner" dan "safety pin". Spinnerbaits menarik ikan predator dengan cahaya yang dipatulkan dari blade yang berputar. Kebanyakan ikan memiliki indera sentuhan yang berkembang dengan baik dan dapat merasakan sedikit cahaya serta getaran yang dapat memperingatkan ikan dari bahaya yang mendekat atau menunjukkan lokasi mangsa.
umpan Jump Frog

Biasanya didalam memancing ikan air tawar yang liar kecendrungan  orang menggunakan frogy karet, minnow, swim bait, (kayu) atau karet dan semacamnya. Dalam perkembangannya dari ide ide kreatif dan keisengan para angler,  maka lahirlah umpan buatan yang sering kita kenal dengan nama JUMP FROG, sekarang ini sudah banyak dibuat oleh produk tertentu. Saya, tidak mengetahui dari mana asal mulanya lure ini di buat, namun Jump frog adalah suatu model umpan  yang dibuat dari kayu dengan dibentuk sedemikian rupa sehingga geraknya mirip dengan kodok atau katak. Tujuan taget dari lure ini adalah untuk mengaet ikan predator yakni gabus atau toman atau mungkin predator lainnya di rawa – rawa, danau atau tempat tempat lainnya yang ada target ikan ini.
Cara Menggunakannya.
Lure ini merupakan lure top water yang agresif memprokasi target untuk dapat sstrike. Jump Frog dapat kita lemparkan pada titik tertentu yang kita anggap tempat yang potensial dan kemudian kita tarik dengan cepat atau sedang, sehungga Jumping actionya menyerupai seperti katak/kodok yang berenang atau kodok yang coba menghindari lari dari incaran predatornya.  Lure ini biasanya memnggunakan double  hook bahkan ada yang menggunakan treble hook. Ketika mendapat sambaran target  ini, lure ini dapat langsung kita gentak, namun juga dibutuhkan feeling yang pas untuk dapat hook up sempurna. Lure ini bisa sebagai mesin penghasil  tanggkapan (alis ngomset), karena cukup efektif dan tidak kalah nikmatnya ketika menggunakan Soft Frogy.

FACEBOOK : Castinger Mania
YOUTUBE : Castinger Mania

No comments:

Post a Comment

Tehnik Casting Ikan Lais

Tehnik Casting Ikan Lais -  Bagi anda penyuka mancing kali ini kita akan membahas cara Casting ikan lais, dimana ikan ini sangat gana...