Thursday, December 19, 2019

Tehnik Casting Ikan Lais



Tehnik Casting Ikan Lais - Bagi anda penyuka mancing kali ini kita akan membahas cara Casting ikan lais, dimana ikan ini sangat ganas pada saat malam hari karena pada saat siang hari ikan ini banyak berdiam diri dan bersembunyi disemak-semak.
Lokasi yang sangat cocok untuk menemukan habitat ini adalah sekitar muara sungai dimana sungai minimal memiliki kedalaman 5 sampai 10 meter. Berdasarkan pengalaman, waktu yang tepat pada malam hari diantara pukul 17:30 - 20:00 yaitu ketika ikan mencari makan laron dan serangga lainnya, namun jika sobat sekalian ingin casting ikan lais, sobat bisa mencobanya pada saat pagi dan sore hari ya sobat.

Umpan Memancing Ikan Lais
Untuk memancing ikan sangatlah mudah bahkan banyak yang mengatakan bahwa Tehnik Memancing Ikan Lais, ketika dia sudah lapar kayupun dia santap namun untuk memancing ikan ini bisa kita menggunakan umpan hidup seperti umpan nenek moyang yakni cacing, tapi anda juga bisa menggunakan jangkrik, udang dan  anak ikan hidup, tatapi kali ini kami ingin membagikan jenis umpan tiruan untuk castinya ya sobat.

Tahnik Memancing Ikan Lais
Berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, saya menggunakan tehnik memacing Casting, tidak jauh berbeda dengan casting ikan lain seperti gabus,toman, ataupun hampala, tehnik casting ikan lais lebih cocok dikegorikan sebagai ultralight ya sobat.
Berikut piranti yang cocok untuk casting lais

A. Joran
Pilih joran yang ukurannya 150cm  - 198cm meter dengan ujung yang lembut serta usahakan kolongnya agak besar supaya alur tali lancar.serta memiliki kekuatan 2lb – 6lb.

B.Reel
Untuk reel bisa disesuaikan dengan ukuran joran yang digunakan, bisa juga menggunakan reel yang bisa kita gunakan untuk casting gabusan ya sobat.

C. Tali
Usahakan tali yang anda pakai menggunakan ukuran yang agak kecil supaya mudah ketika dilempar, coba anda gunakan tali yang ukuran 0,10 - 0,15 mm.

D. Lure
Untuk lure disarankan memilih lure sesuai incaran kita, jika kita hanya mengincar jenis lais lubuk (lais anakan sungai) kita bisa gunakan lure Minnow 3-5cm sedangkan untuk lais tembiring kami sarankan gunakan yang Minnow 7-9cm.

Minnow 3cm

Minnow 5cm

Minnow 7cm

Minnow 9cm


Tehnik Casting Ikan Lais, pada saat semua sudah terpasang silahkan anda tes kesungai yang besar dan berarus tenang, langsung anda lempar Lure yang sudah dipasang pada talian joran.lempar lure pada spot dibawah bawah pohon tempat ikan berteduh, setelah itu tarik dengan perlahan terkadang berhentikan tarikan buat sehidup mungkin lure yang kita gunakan seperti layaknya anda ikan yang sedang sakit, ikan lais yang melihat anak ikan yang sedang sakit akan cepat menyambarnya,perlu diketahui tarikan tidak perlu terlalu berburu buru, karena ikan lais adalah type predator yang pelan ya sobat.
 Semoga ilmunya bisa bermanfaat untuk anda salam Satu Hobby sobat.
FACEBOOK : Castinger Mania

YOUTUBE : Castinger Mania

No comments:

Post a Comment

Tehnik Casting Ikan Lais

Tehnik Casting Ikan Lais -  Bagi anda penyuka mancing kali ini kita akan membahas cara Casting ikan lais, dimana ikan ini sangat gana...